Terkuak! Penyebab Laptop ASUS X441M Lambat dan Solusi Mengatasinya

Laptop ASUS X441M merupakan notebook entry level dengan spesikasi standar dan menurut Saya, lumayan terjangkau untuk ukuran sebuah laptop dengan ukuran layar 14 inch. Harga laptop ASUS X441M baru berkisar antara 4,5 juta sampai 5 juta (harga bisa berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia.

 




Namun, saya sering mendapati pasien yang mengeluhkan kinerja ASUS X441M menjadi lambat setelah digunakan dari waktu ke waktu. Well, Saya sudah mencoba beberapa solusi dan ternyata berhasil meningkatkan performa ASUS X441M. Berikut beberapa solusi yang sudah Saya terapkan untuk ASUS X441M ini.

Banyak File ‘Menjamur’ Di Dalam Hardisk

Sekitar 70% kasus ASUS X441M yang lambat disebabkan oleh semrawutnya file sistem dalam WIndows. DItambah lagi hirarki dan posisi beberapa file yang tidak tertata, file temporary yang berserakan, hingga beberapa program yang tidak ter-uninstall dengan sempurna semakin membebani performa ASUS X441M.

Langkah yang saya ambil dalam meningkatkan kembali kinerja ASUS X441M adalah dengan melakukan defragmentasi di semua partisi hardisk dengan fitur bawaan Windows bernama DIsk Defragmenter. BIasanya akan terlihat seberapa ‘parah’ semrawutnya file sistem dalam indikator persen.

File Sistem Windows Bermasalah

Masalah yang kedua ini juga jamak terjadi pada laptop ASUS X441M. Hal ini ditandai dengan tidak berfungsinya beberapa fitur windows. Yang paling kentara biasanya adalah menu start yang tidak bisa diklik, kolom pencarian yang tidak bisa digunakan/diketik, hingga tidak bisa membuka beberapa jendela WIndows.

Solusi yang biasanya saya terapkan adalah dengan melakukan chek disk dan repair otomatis dengan menggunakan fitur bawaan Windows bernama Check Disk.




Hardisk Yang Sudah Lemah

Untuk kasus yang ketiga ini jarang terjadi karena sepengalaman saya, hardisk ASUS X441M ini lumayan kuat sehingga penggantian hardisk jarang saya lakukan dan biasanya problem akan teratasi dengan 2 cara diatas tadi.

Namun jika memang harus dilakukan penggantian hardisk, maka menurut Saya, Anda bisa memilh kapasitas 500gb, jangan terlalu besar karena spesifikasi hardware ASUS X441M kurang cocok untuk menghandle data dalam jumlah banyak karena memory yang terpasang hanya 2GB dengan prosesor Intel Celeron.

Masih Lambat Juga? Pasang SSD!

Solusi terakhir yang juga tidak kalah 0000ampuh adlaah melakukan upgrade hardisk menjadi tipe SSD (Solid State Disk) yang terbukti 10x lebih cepat dibanding dengan hardisk tipe cakram. Biasanya, saya memasang ssd hanya sebagai file system C:\. Sedangkan untuk data, tetap menggunakan hardisk lama. Karena seperti yang kita tahu, kapasitas ssd masih tergolong kecil sehingga kurang cocok jika digunakan untk menyimpan banyak file, apalagi jika data-data Anda adalah data multimedia yang berukuran besar.

Kesimpulan

Itulah beberapa solusi yangsudah saya coba terapkan saat menghadapi masalah laptop ASUS X441M yang notebooknya melambat milik beberapa klien. Jika Anda menemui kendala lain yang terjadi pada laptop ASUS X441M ini, jangan sungkan, mari kita berdiskusi di kolom komentar.




Tinggalkan komentar